ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT DAN PERILAKU PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN OTORITAS JASA KEUANGAN (STUDI PADA BPR DI KOTA DAN KABUPATEN MALANG)

Authors

  • Kusuma Inka Luqyana Accounting Department, Faculty of Economics and Business, Brawijaya University

DOI:

https://doi.org/10.21776/tema.22.1.47-56

Keywords:

Performance Expectations, Business Expectations, Social Influence, Supporting Conditions, UTAUT, OJK SLIK, BPR

Abstract

This study aims to empirically examine the effect of performance expectancy, effort expectancy, and social influence on behavioral intention to use the Financial Information Service System (SLIK) as well as the effect of facilitating conditions and behavioral intention on SLIK usage behavior. This study uses the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) Model as the theoretical basis. The sample of this study was Account Officer at the Rural Bank (BPR) in Malang City and Regency who uses SLIK in performing credit analysis. The sample was obtained through simple random sampling technique. The method uses in this research to collect the data is a survey method with probability sampling technique. This study uses Partial Least Square (PLS) with SmartPLS application to analyze the relation between variables. The results of this study indicate that performance expectancy, effort expectancy, and social influence have a positive effect on behavioral intention to use SLIK as well as facilitating Conditions and behavioral intention positively affect usage behavior in using SLIK. The existence of this study is expected to be a basis for practitioners and regulators to plan and implement SLIK.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan pengaruh sosial terhadap minat penggunaan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) serta pengaruh kondisi yang mendukung dan minat penggunaan terhadap perilaku penggunaan SLIK. Penelitian ini menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) sebagai landasan teori. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Account Officer di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota dan Kabupaten Malang yang menggunakan SLIK dalam melakukan analisis kredit. Sampel diperoleh melalui teknik pengambilan sampel acak sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil menunjukkan bahwa ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan pengaruh sosial berpengaruh positif terhadap minat penggunaan SLIK serta kondisi yang mendukung dan minat penggunaan berpengaruh terhadap perilaku penggunaan SLIK. Adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi praktisi maupun regulator untuk merencanakan dan mengimplementasikan menggunakan SLIK.

References

Abdillah, W. & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Ed.1. Yogyakarta: ANDI.

Adiwibowo, Lili, Hurriyati, Ratih, dan Maya Sari. (2012). Analisis Perilaku Pengguna Teknologi Informasi Pada Perguruan Tinggi Berstatus BHMN (Studi Penerapan Teknologi Informasi Pada FPEB-Universitas Pendidikan Indonesia). http://file.upi.edu/Direktori/FPEB/PRODI._MANAJEMEN_FPEB/197107052004012-MAYA_SARI/ Artikel_Penelitian_TAM.pdf.

Faqih, L. A., Az-zahra, H. M., & Wijoyo, S. H. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Individu Dalam Penggunaan Aplikasi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) di Wilayah Kerja Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3668-3676.

Farabi, Nur Ali. (2016). Analisis Penerapan Sistem informasi ZISW Dengan Menggunakan Metode UTAUT. Indonesian Journal on Computer and Information Technology Vol 1 No 2 November 2016.

Fishben & Azjen, I. 1991. Predicting dishonest actions using the theory of planned behavior. Journal of Research in Personality, 25 (3).

Fitriano, Y., & Sofyan, R. M. (2019). Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Penerapan Metode Rgec (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings dan Capital) Pada Pt.Bank Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen. https://doi.org/10.33369/insight.14.1.7 3-91.

Ghozali, Imam. (2016). Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif untuk Akuntansi, Bisnis, dan Ilmu Sosial Lainnya. Semarang: Penerbit Yoga Pratama.

Gonzalez, H. B. & Kuenzi, J. J. (2012). Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education: A Primer. Congressional Research Service.

Hariyani, I., Serfiyani, C. Y., Purnomo, R. S. D., & Mayasari, L. (2018). Credit Top Secret-Buku Pintar Perjanjian Kredit & Penyelesaian Piutang Macet. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hartono. (2004). Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Hofstede, G. (1980). Cultures consequences: International differences in Work-Related Values. Beverly Hills, CA: Sage.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Manaroinsong, Johny. (2014). Pengaruh Sistem Informasi Keuangan, Partisipasi Anggaran serta Sikap Perilaku Aparat terhadap Kinerja Keuangan Daerah di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol 12, No 3. Universitas Brawijaya.

Odeh, M. H. (2019). Factors Affecting the Adoption of Financial Information Systems Based on UTAUT Model. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences.

Otoritas Jasa Keuangan (2020). Laporan Profil Industri Perbankan OJK Triwulan I 2020. Diakses dari https://www.ojk.go.id/id /kanal/perbankan/data-dan-statistik/l aporan-profil-industri-perbankan/Docu ments/LPIP%20TW%20I%202020.pdf.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 12/PJOK.03 tahun 2016 tentang Kegiatan Usaha dan Wilayah Jaringan Kantor BPR berdasarkan Modal Inti, Diakses dari https://www.ojk.go.id/id/regulasi/Pages/POJK-tentang-Kegiatan-Usaha-dan-Wilayah-Jaringan-Kantor-Bank-Perkreditan-Rakyat-Berdasarkan-Mod al-Inti.aspx.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 18/PJOK.01 tahun 2017 tentang Pelaporan dan Permintaan Informasi Debitur Melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan, diakses dari https://www.ojk.go. id/id/kanal/perbankan/regulasi/perat uran-ojk/Pages/POJK-tentang-Pelaporan-dan-Permintaan-Informasi-Debitur-melalui-Sistem-Layanan-Informasi-Keuangan.aspx.

Roscoe, J. T. (1975). Fundamental research statistics for the behavioural sciences. (2nd ed.) New York: Holt Rinehart & Winston.

Sholihin & Ratmono. 2013. Analisis SEM-PLS dengan WARP PLS 3.0. Yogyakarta: Andi.

Thakur, R., & Srivastava, M. 2013. Costumer usage intention of mobile commerce in India: an empirical study. Journal of Indian Business Reseach. 5(1)

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 10 tahun 1998 tentang Perbankan, Diakses dari http://jdih.kemenkeu.go.id/ fullText/1998/10Tahun~1998UU.htm.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS Quarterly: Management Information Systems. https://doi.org/10.2307 /30036540.

Downloads

Published

2021-10-01

Issue

Section

Artikel