Analisis Kandungan Informasi Laba dan Arus Kas Perusahaan Prospector dan Defender (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Bfek Jakarta)

Adi Darmawan Ervanto, Made Sudarma

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh informasi laba dan arus kas terhadap return saham serta perbedaan antara pengaruh informasi laba, terhadap return saham perusahaan prospector dengan perusahaan defender. Pengelompokan perusahaan ke dalam prospector dan defender dilakukan menggunakan common factor analysis dengan variabel yaitu: rasio jumlah karyawan terhadap penjualan, price-to-book value, rasio capital expenditure terhadap nilai pasar ekuitas, dan rasio capital expenditure terhadap total aktiva Data dianalisis mengunakan analisis regresi berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa pada perusahaan prospektor, laba berpengaruh signifikan dengan return saham. Arus kas operasi berpengaruh signifikan dan berhubunganpositif dengan return saham. Pada perusahaan defender, hanya arus kas pendanaan berpengaruh signifikan dan berhubungan positif dengan return saham.

Hasil uji t menunjukkan perbedaan antara pengaruh laba,arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan terhadap return saham perusahaan prospektor dan perusahaan defender. Secara umum, penelitian ini menunjukkan bahwa informasi laba dan arus kas akan lebih superior jika pengguna juga memperhatikan apakah perusahaan merupakan prospektor dan defender.

Kata kunci: kandungan informasi, laba, arus kas, prospektor, defender


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18202/tema.v5i2.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.